Ika Bina En Pabolo

Kakorlantas Polri – TNI Bersinergi Operasi Gaktib dan Yustisi

LABUHANBATURAYA.com | Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, menyebut, pihaknya siap bersinergi dengan TNI dan membantu kelancaran Operasi Penegakkan dan Ketertiban (Gaktib) dan Operasi Yustisi TNI 2022.

“Tentunya pada setiap kegiatan rekan-rekan TNI, kami sepenuhnya membantu kelancaran proses. Karena operasi ini, kita juga harus menjaga keamanan dan keselamatan personel itu sendiri,” ungkap Firman saat menghadiri upacara Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi di Denma Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (23/2/2022).

“Kami menyambut baik kegiatan operasi ini, karena apapun yang ada di lapangan harus bawa nama baik TNI dan institusi lain, termasuk kami dari Kepolisian Republik Indonesia,” tambahnya.

Mayor Jenderal (Mayor) TNI Ida Bagus Purwalaksana memimpin langsung upacara Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi. Ida mewakili Pangilma TNI Andika Perkasa yang berhalangan hadir.

Dalam kesempatan ini, Ida menyampaikan, prajurit TNI harus mendukung program yang dijalankan pemerintah. Mereka juga dituntut lebih mampu bekerja sesuai pedoman hukum yang berlaku.

“TNI sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah, harus sejalan dan mendukung program pemerintah di segala bidang. Supremasi hukum mutlak jadi panduan utama,” ucap Ida.

Lebih lanjut, dia menegaskan, untuk Komandan Satuan TNI di seluruh wilayah NKRI wajib menjaga kedisiplinan prajuritnya.

Maka, sesuai evaluasi yang sudah dilakukan, Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun Anggaran 2022 harus dilakukan.

“Dengan memperhatikan evaluasi operasi sebelumnya, diputuskan Operasi Gaktib dan Yustisi masih perlu dilaksanakan. Komandan satuan dari yang paling bawah, harus membangun, serta meningkatkan disiplin setiap satuannya,” tandas Ida.

Upacara ini turut dihadiri pejabat TNI-Polri lainnya, yaitu Asops Panglima TNI Mayjen Syafrudin, Wakasad Mayjen Agus Subiyanto, Wakasal Laksdya Ahmad Heri Purwono, Wakasau Marsa Gustaf Brugman dan Kadivpropam Polri Irjen Ferdy Sambo.[red]