Ika Bina En Pabolo

Ketua Pewarta Memberikan Uang Santunan Kepada Anak Wartawan Sakit di RSUP H Adam Malik

LABUHANBATURAYA.com- Pasca operasi, Andhika Pratama Fajriansyah (14) masih terbaring lemah di Ruang Rawat Inap Anak Rindu B 4 Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H. Adam Malik Medan.

Hal itu terlihat saat Ketua Persatuan Wartawan (Pewarta) Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH didampingi anggota Surya Irwandi Hasibuan, Bardansyah dan Agam menjenguk di rumah sakit tersebut, Senin (13/06/2022) sore.

Orangtua Andhika Pratama Pajriansyah, Dedi Irwansyah wartawan media online Gebraknews.co.id di Rantauprapat kabupaten Labuhanbatu, didampingi isteri Eka Andriani tampak siaga di samping anaknya.

Lalu, Ketua Pewarta Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH pun menanyakan perkembangan terkini anaknya kepada Dedi Irwansyah.

“Alhamdulillah anak saya sekarang sudah sadar pasca operasi di kepalanya, dan sudah bisa mendengar pembicaraan kita,” ucap Dedi.

Dia bercerita awalnya, setahun yang lalu anaknya yang bersekolah di Pesantren Tahfiz Azhar Center (PTWC) di Rantauprapat ini mengalami gangguan telinga sebelah kanan. Dari telinga kanannya keluar cairan bening berbau.

Kemudian langsung dibawa ke Poliklinik RSUD Rantauprapat dan dilakukan tindakan penyedotan. Selesai di sedot, anaknya kembali ke Asrama.

Namun tiga bulan kambuh lagi dan dilakukan penyedotan. “Bolak balik kami ke rumah sakit, sampai akhirnya cairan itu kering sendiri. Kami pikir mulai sembuh, tapi ternyata tidak,” kata Dedi.

Anaknya, lanjut Dedi malah tidak sadarkan diri dan dibawa ke RSUD Rantauprapat. “Seminggu anak saya tidak sadarkan diri di RSUD Rantauprapat. Pihak rumah sakit pun kemudian merujuk ke RSUP H. Adam Malik Medan.

Sampai di RSUP H Adam Malik, Senin (02/06/2022), Andhika langsung dimasukkan ke ruang ICU. Satu hari berada di ruang ICU, lalu dilakukan tindakan operasi di bagian kepala. “Kepala anak saya di bor, lalu dibuang cairannya,” sebut Dedi.

Pasca operasi hari itu, anaknya sempat sadarkan diri, tapi kemudian hilang kesadarannya lagi. Maka diobservasi lagi ke ruang ICU.

“Tadi malam anak saya telah sadar dan dinyatakan kondisinya sudah melewati masa kritis, maka dipindahkan ke ruang Rindu B 4 ini,” sebutnya.

Dia mengatakan, anaknya menderita infeksi otak. Tindakan selanjutnya nanti operasi telinga dan sedot cairan di paru-parunya.

Setelah bercerita panjang lebar, Ketua Pewarta Polrestabes Medan, Chairum Lubis, SH memberikan uang santunan yang diterima Dedi Irwansyah didampingi isteri.

“Kegiatan ini merupakan program kerja Pewarta Polrestabes Medan yang rutin dilaksanakan,” kata Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumut.

Kegiatan ini terlaksana tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Panca Putra Simanjuntak, MSi dan Waka Polda Sumut, Brigjen Pol. H. Dr. Dadang Hartanto, SH, SIK, MSi.

Selain itu arahan dari Kasektupa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK MHum, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Armia Fahmi, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dan Kombes Pol Riko Sunarko SIK MSi.(BSH).