Ika Bina En Pabolo

Residivis Curanmor Kembali Ditangkap Polisi Setelah Mencuri Sepeda Motor Polisi

LABUHANBATURAYA.com- Sat Reskrim Polres Labuhanbatu mengamankan 2 pelaku pencurian Sepeda Motor di Jln. Batu Sangkar Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Dua Tersangka yang diamankan yakni inisial ST (33) warga Kelurahan Sioldengan dan Inisial J alias E (43) warga Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara.

“Mereka menyasar rumah-rumah kosong dan yang ditinggal penghuninya sementara atau gudang-gudang tempat penyimpanan yang tidak di jaga di seputaran kota Rantauparapat,” kata Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Rusdi Marzuki, SIK, MH, saat konferensi pers di halaman Polres Labuhanbatu, Senin (01/08/2022).

Dijelaskan Rusdi, aksi pencurian ini terjadi pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 di Jln. Batu Sangkar Kelurahan Sioldengan. Pelaku ST sudah memantau gudang yang terletak dibelakang rumah korban, kemudian pelaku mencari waktu yang pas untuk melakukan aksi pencurian pada Pukul 02.00 WIB diri hari pelaku masuk ke dalam gudang melalui asbes yang terbuat dari pelepah sawit lalu pelaku membuka kunci engsel gudang dan membawa 1 unit sepeda motor Kawasaki KLX, motor tersebut di dorong pelaku sampai simpang Perisai kemudian pelaku menelepon rekannya berinisial J alias E untuk menaiki motor KLX tersebut kemudian di dorong oleh pelaku ST menggunakan motor honda Beat dibawah menuju rumah saudara K yang terletak di dekat rumah sakit umum Rantauprapat, setelah itu pelaku ST kembali ke gudang tersebut untuk mengambil 1 unit motor honda Astrea kerena kebetulan kunci motor tersebut menempel di motor dan pelaku juga mengambil jaket warna Pink, kemudian pelaku membawa motor tersebut ke rumah saudara K.

Pada tanggal 20 Juli s/d 26 Juli 2022 Opsnal Timsus Polres Labuhanbatu melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan bukti-bukti petunjuk melalui rekaman CCTV yang tersebar di beberapa titik diseputaran TKP dan kota Rantauparapat. pada tanggal 27 Juli 2022 tim mendapat informasi dan petunjuk yang kuat bawah diduga pelaku pencurian tersebut berada di lingkungan Taslim Kelurahan Sirandorung kemudian tim bergerak ke alamat tersebut dan mengamankan pelaku ST sekaligus pelaku J alias E selajutnya tim melakukan interogasi terhadap pelaku, bahwa pelaku ST merupakan residivis yan sudah 4 kali keluar masuk penjara dalam kasus yang sama, saat kedua pelaku di proses dalam 3 perkara sekaligus yaitu pencurian dengan pemberatan 2 perkara dan penggelapan sepeda motor 1 perkara kemudian para pelaku dan barang bukti dibawah ke Polres Labuhanbtu guna proses lebih lanjut, ujar Kasat.

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 1 unit sepeda motor Kawasaki KLX, 1 unit sepeda motor Honda Astrea, 1 unit sepeda motor honda Beat, 1 buah kunci sepeda motor dan 1 buah jaket warna pink milik korbannya dipakai oleh TSK dan kerugian diperkirakan sebesar Rp.21 juta, kata Kasat Reskrim.

Akibat perbuatannya Pelaku Inisial ST (33) diterapkan Pasal 363 aya (1) ke 5 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun dan pelaku inisial J alias E di terapkan pasal 480 ke 1 KUHP dengan ancaman Hukuman penjara paling lama 4 tahun.(BSH).